Batu Empedu Kambuh Sehabis Operasi?

Batu Empedu Kambuh Sehabis Operasi? – Batu empedu itu sendiri ialah cairan empedu yang mengkristal serta memadat misalnya batu kerikil dalam kantong empedu. Kandungan pertama dari batu empedu ialah kolesterol. Batu empedu mengakibatkan masalah ketika kerikil-kerikil ini menyumbat salah satu saluran yang menghantarkan empedu dari hati ataupun kantong empedu menuju ke usus kecil.

Batu Empedu

Sehabis kantong empedu diangkat melalui operasi, semestinya batu empedu tidak bakal bisa lagi terbentuk didalam kantong — sebab “wadah”nya telah tidak ada. Tapi didalam sejumlah kasus, batu empedu masih dapat terbentuk di struktur lainnya di sepanjang saluran empedu premier.

Ada sejumlah alasan mengapa batu empedu kambuh sehabis kantong empedu diangkat, juga:

  1. Genetik. Munculnya ataupun kekambuhan batu empedu lebih mungkin terjadi bila terdapat riwayat keturunan di keluarga Kamu. Batu empedu pun lebih mungkin terjadi di perempuan serta lansia.
  2. Berat badan. Obesitas bisa menaikan kadar kolesterol hingga menjadikan hati lebih susah untuk menguras kelebihan kolesterol didalam tubuh.
  3. Diabetes. Orang-orang yang mempunyai diabetes cenderung mempunyai kadar trigliserida tinggi, yang adalah faktor risiko batu empedu.
  4. Gaya hidup dan obat tertentu. Jika kamu menjalani diet terlampau keras hingga berat badan turun drastis, hati jadi menjadikan ekstra kolesterol yang dapat mengakibatkan batu empedu.
  5. Sedang konsumsi obat tersendiri. Minum obat penurun kolesterol pun dapat menjadi penyebab batu empedu kambuh kembali. Karena, efek samping sejumlah obat ini menaikan total kolesterol didalam cairan empedu sehingga menambah peluang batu empedu Kamu balik lagi.

Disamping beragam alasan di atas, sepanjang prosedur pengangkatannya, batu empedu mungkin dapat lolos dari kantong empedu ke dalam tabung selang saluran empedu utama ataupun saluran empedu lain. Batu empedu yang “nyasar” serta menyumbat ini lalu bisa mengakibatkan nyeri serta keluhan lain yang sama sebagaimana gejala batu empedu pendahulunya — malah sehabis kantong empedu diangkat. Walau demikian, peluang batu empedu kambuh dari skenario ini lumayan kecil.

Batu empedu kambuh barangkali mengingat menu makan Kamu. Apakah yang musti dihindari?

Menurut dokter Eko P, batu empedu sangat umum terbentuk dari kelebihan kolesterol didalam empedu. Untuk melakukan pencegahan rasa sakit yang berkaitan dengan serangan batu empedu, banyak dokter serta praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengubah menu makan Kamu setiap hari.

Memperoleh informasi makanan mana yang musti dihindari bakal meminimalisasi keluhan karena batu empedu serta dapat mencegah batu empedu kambuh kembali membentuk yang baru. Pikirkan untuk mengurangi ataupun malah sedikitpun menghilangkan telur didalam menu makan Kamu. Telur menyimpan kolesterol tinggi. Apalagi, sejumlah studi yang menemukan hubungan diantara alergi telur dengan pembentukan batu empedu baru serta iritasi yang timbul yang menjadi gejalanya.

Baca juga artikel tentang: Wasir

Dilansir dari Live Strong, Departemen Nutrisi serta Dietetics dari Norfolk serta Rumah Sakit Universitas Norwich menganjurkan orang2 yang mempunyai batu empedu serta memiliki potensi mengalami kambuhan untuk terhindar dari daging dgn kandungan lemak yang tinggi. Ini juga daging babi, daging merah, sosis, daging kornet, serta ikan berminyak. Gantilah daging berlemak dengan asal protein tanpa lemak misalnya ikan air tawar, ataupun ayam serta kalkun. Ketika mempersiapkan unggas, senantiasa siangi kulit serta lemaknya untuk terhindar dari iritasi batu empedu.

Rekomended Artikel: Bedah Cesar

Disamping itu, Kamu pun harus terhindar dari makanan gorengan, makanan prosesan (misalnya roti putih, nasi putih, pasta terigu, serta gula refinasi), dan product susu serta turunannya (misalnya keju, yogurt, es krim, serta heavy cream) untuk melakukan pencegahan batu empedu kambuh. Tukar product susu utuh (whole milk) Kamu dengan Tipe low-fat ataupun skim, ataupun produk “susu” dari sumber nabati, misalnya susu almond ataupun susu kelapa. Dan salah satu pengobatan batu empedu “mungkin” bisa dengan menjalankan Bedah Laparoskopi, Apa itu bedah laparoskopi bisa anda baca di blog milik dokter Eko P.

Leave a Reply

Your email address will not be published.